Lomba Menulis Cerpen dan Esai Pelajar/Mahasiswa Berhadiah 11 Juta

Lomba Menulis Cerpen dan Esai Pelajar/Mahasiswa Berhadiah 11 Juta - Seperti yang kamu tahu Menulis merupakan sebuah wujud kreativitas manusia. Ekspresi kreatif tersebut lahir dari akal budi manusia dan menjadi sebuah talenta yang luar biasa bagi remaja bila dikembangkan sesuai dengan jalur yang benar.

Untuk itu, ini ada lomba yang memberi kesempatan kepada para remaja DIY untuk menunjukkan bakat dan talenta menulis esai dan cerpen. Aktivitas ini menjadi bagian dari apresiasi, rasa cinta, dan bangga kepada budaya bangsa.

Lomba Menulis Cerpen dan Esai Pelajar/Mahasiswa Berhadiah 11 Juta - Seperti yang kamu tahu Menulis merupakan sebuah wujud kreativitas manusia. Ekspresi kreatif tersebut lahir dari akal budi manusia dan menjadi sebuah talenta yang luar biasa bagi remaja bila dikembangkan sesuai dengan jalur yang benar.


Karya tulis kebahasaan dan kesastraan merupakan aktualisasi nilai wujud dari salah satu jati diri bangsa. Persoalan-persoalan kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan dapat dicermati dan lahir menjadi gagasangagasan penting berupa esai. Sementara itu, persoalanpersoalan dalam kehidupan manusia tentu mengandung kekayaan nilai yang dapat digali menjadi karya sastra berupa
cerpen.

Lomba penulisan esai dan cerpen ini bertujuan untuk membangkitkan minat remaja terhadap kegiatan berbahasa dan bersastra (khususnya menulis esai dan cerpen); meningkatkan daya cipta dan kreativitas para remaja dalam penulisan esai dan cerpen; menumbuhkan sikap positif dan rasa cinta terhadap hasil karya kebahasaan dan kesastraan; dan mengembangkan aktivitas menulis kreatif di kalangan remaja. inilah lombanya.

Nama Lomba Menulis Terbaru 2017: Lomba Menulis Cerpen dan Esai Bagi Remaja DIY Tahun 2017
yang pinter puisi, ikuti lomba menulis puisi berhadiah 10 juta rupiah
Deadline Lomba:  10 Mei 2017

Hadiah untuk Pemenang Lomba Cerpen dan Esai:  total Rp. 11.750.000
>>Peringkat I : Rp. 2.500.000,00
>>Peringkat II : Rp. 2.250.000,00
>>Peringkat III : Rp. 2.000.000,00
>>Peringkat IV : Rp. 1.500.000,00
>>Peringkat V : Rp. 1.250.000,00
>>Peringkat VI--X : Rp. 500.000,00
Pajak ditanggung pemenang.

Syarat dan Ketentuan:
>>Peserta lomba adalah remaja (pelajar, mahasiswa, dan umum) berusia 13--21 tahun yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta.
>>Tema esai berkaitan dengan aspek kesastraan, kebahasaan, atau kebudayaan, sedangkan tema cerpen bebas. Karya tulis peserta tidak boleh mendiskreditkan SARA dan mengandung unsur pornografi.
>>Esai merupakan jenis karangan yang berbeda dengan artikel. Esai lebih bersifat subjektif, mengungkapkan sikap dan sudut pandang penulis terhadap pengamatan atau penyelidikan terhadap sesuatu hal yang dianggap menarik.
kalian cewek dan hobi nulis? ikuti lomba menulis vemale berhadiah jutaan lho..
 >>Substansi penulisan esai meliputi judul, pendahuluan, analisis, dan penutup. Cerpen ditulis sesuai dengan kaidah penulisan cerpen.
>>Karya yang diikutsertakan dalam lomba harus asli (bukan saduran atau terjemahan), belum pernah diterbitkan, dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba apa pun.

>>Karangan diketik rapi menggunakan program MS Word, kertas kuarto, huruf Times New Roman 12, spasi 2,0 (double), panjang 7--10 halaman atau minimal 1.500 kata.

>>Hak cipta penulisan (esai dan cerpen) ada pada penulis, sedangkan hak penerbitan ada pada Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cara Mengikuti Lomba Ini:
Naskah dikirim kepada panitia sebanyak 4 (empat) rangkap dilampiri formulir penyerahan naskah lomba serta fotokopi KTP/KK/Kartu Pelajar/KTM/ surat keterangan lain yang menyatakan bahwa peserta bersekolah/berdomisili di DIY.

naskah lomba dikirim ke
Panitia Lomba Penulisan Esai dan Cerpen
bagi Remaja DIY Tahun 2017
d.a. Balai Bahasa
Daerah Istimewa Yogyakarta
Jalan I Dewa Nyoman Oka 34, Yogyakarta

Narahubung:
Esai: Nuryantini (085728900112)
Cerpen: Nindwihapsari (08988088438)

Penilaian naskah esai dan cerpen dilakukan dalam dua tahap.
>>Pertama, seleksi untuk menentukan 10 nomine.
>>Kedua, presentasi 10 nomine di depan dewan juri untuk menentukan peringkat pemenang (5 pemenang utama dan 5 pemenang harapan).
Untuk tahu info lomba menulis terbaru dan gratis bisa cek di Berbagi Info Lomba Menulis
>>Penilaian esai meliputi substansi, kebahasaan, dan teknik enyajian/penulisan. Penilaian cerpen meliputi teknik penyajian/penulisan, isi, dan kebahasaan.
>>Dua puluh nomine esai dan cerpen akan diumumkan tanggal 7 Juni 2017 di Balai Bahasa melalui laman, telepon, dan surat resmi.
>>Dua puluh nomine esai dan cerpen diwajibkan menulis proses kreatif penciptaan karyanya dalam satu halaman kuarto dan diberikan kepada panitia saat pertemuan teknis tanggal 9 Juni 2017 pukul 09.00 di Balai Bahasa DIY.
>>Presentasi 10 nomine esai dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2017, sedangkan presentasi 10 nomine cerpen dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2017 di ruang Sutan Takdir Alisjahbana Balai Bahasa DIY.

Demikian Info Lomba Menulis terbaru. Silakan copy paste dan sebarkan posting ini kepada teman melalui FB, Twitter, G+, dll. Jangan lupa cantumkan http://berbagi-lomba-nulis.blogspot.com. terimakasih.